Jumat, 12 September 2014

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JENIS STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 DI SMK NEGERI 1 SUBANG TAHUN 2013



ABSTRAK

Permasalahan yang ingin dipecahkan dalam penelitain ini adalah : pembelajaran akuntasi di SMK N 1 Subang adalah pelajaran yang sukar menurut siswa (77 %), menjenuhkan (43 %), nilai kompetensi siswa tidak merata dengan kesenjangan yang cukup tinggi yaitu rentang nilai terendah 15 dan tertingi 100. Guru dalam melakukan penilaian terhadap siswa kebanyakan hanya menilai hasil ulangan akhir saja (47 %). Penelitian dilakukan dengan tujuan: meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kompetensi akuntansi dengan standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi jasa dan dagang pada siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Subang.
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau disebut ”Classroom Action Reserach”. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang didesign untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam penelitian tindakan kelas ini difokuskan kepada penerapan model cooperative learning sistem STAD dalam pembelajaran akuntansi. Bentuk penelitian tindakan kelas yang dipilih adalah partnership teaching atau collaboration observation.
 Hasil penelitian menujukkan : Pada tindakan pertama peningkatan rata-rata nilai pre-test  dan post-test menunjukan peningkatan sebesar  48,77 %, pada siklus tindakan kedua nilai rata-rata peningkatan dari pre-test  dan post-test menunjukkan peningkatan sebesar 56,27 % dan pada siklus tindakan ketiga menunjukkan peningkatan sebesar 59,95 %. Tingkat rata-rata nilai uji kompetensi akhir menunjukkan nilai rata-rata sebesar 85,12. Hasil wawancara menunjukkan siswa yang berpendapat bahwa model ini bagus untuk meningkatkan motivasi sebanyak 61 %, siswa yang setuju bahwa penerapan model ini telah menyebabkan motivasi siswa meningkat sebanyak 28 % dan siswa  yang berpendapat bahwa model ini menarik sehingga meningkatkan motivasi adalah sebanyak 11%. Siswa juga berpendapat bahwa implementasi model cooperative learning sistem STAD ini setuju untuk dilakukan terus menjadi satu model yang digunakan guru Akuntansi dalam KBM yaitu sebanyak 78 %.
Dengan demikian model pembelajaran cooperative learning sistem STAD ini effektif untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran akuntansi  di SMKN 1 Subang dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar