ABSTRAK
Permasalahan
yang ingin dipecahkan dalam penelitain ini adalah : pembelajaran akuntasi di
SMK N 1 Subang adalah pelajaran yang sukar menurut siswa (77 %), menjenuhkan
(43 %), nilai kompetensi siswa tidak merata dengan kesenjangan yang cukup
tinggi yaitu rentang nilai terendah 15 dan tertingi 100. Guru dalam melakukan
penilaian terhadap siswa kebanyakan hanya menilai hasil ulangan akhir saja (47
%). Penelitian dilakukan dengan tujuan: meningkatkan hasil belajar mata
pelajaran kompetensi akuntansi dengan standar kompetensi menyelesaikan siklus
akuntansi jasa dan dagang pada siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1
Subang.
Metode
penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau disebut ”Classroom Action Reserach”. Penelitian
tindakan kelas merupakan penelitian yang didesign untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran. Dalam penelitian
tindakan kelas ini difokuskan kepada penerapan model cooperative learning sistem STAD dalam pembelajaran akuntansi.
Bentuk penelitian tindakan kelas yang dipilih adalah partnership teaching atau collaboration
observation.
Hasil penelitian menujukkan : Pada tindakan pertama peningkatan
rata-rata nilai pre-test dan post-test
menunjukan peningkatan sebesar 48,77 %,
pada siklus tindakan kedua nilai rata-rata peningkatan dari pre-test
dan post-test menunjukkan
peningkatan sebesar 56,27 % dan pada siklus tindakan ketiga menunjukkan
peningkatan sebesar 59,95 %. Tingkat rata-rata nilai uji kompetensi
akhir menunjukkan nilai rata-rata sebesar 85,12. Hasil wawancara menunjukkan
siswa yang berpendapat bahwa model ini bagus untuk meningkatkan motivasi sebanyak
61 %, siswa yang setuju bahwa penerapan model ini telah menyebabkan motivasi
siswa meningkat sebanyak 28 % dan siswa
yang berpendapat bahwa model ini menarik sehingga meningkatkan motivasi
adalah sebanyak 11%. Siswa juga berpendapat bahwa implementasi model cooperative learning sistem STAD ini setuju
untuk dilakukan terus menjadi satu model yang digunakan guru Akuntansi dalam
KBM yaitu sebanyak 78 %.
Dengan
demikian model pembelajaran cooperative
learning sistem STAD ini effektif untuk dijadikan sebagai salah satu
alternatif dalam pembelajaran akuntansi di SMKN 1 Subang dalam upaya untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar